Logo Network
Network

Wirausaha Muda Mandiri 2022 Kembali Dihelat Ini Syarat-syaratnya  

Tim iNews.id
.
Kamis, 13 Oktober 2022 | 20:26 WIB
Wirausaha Muda Mandiri 2022 Kembali Dihelat Ini Syarat-syaratnya  
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk kembali menggelar perhelatan bergengsi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2022 bertema 'Bring Back Euphoria! Proud to be Entrepreneur. Foto Dok MPI

PEKANBARU, iNewsRiau.id- Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2022 kembali digelar PT Bank Mandiri. Ajang bergengsi untuk mendukung tumbuh kembang pengusaha muda Indonesia ini telah dilakukan sejak 2007 dan diprakarsai PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. 

Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri menawarkan banyak hal bermanfaat yang bisa membantu para entrepreneur agar naik kelas hingga ke tingkat internasional. 

Khusus Wirausaha Muda Mandiri tahun 2022 ini mengusung tema  Bring Back Euphoria! Proud to be Entrepreneur!   diharapkan dapat memantik semangat berwirausaha generasi muda Tanah Air untuk  membangun negeri.  

“WMM sudah kita lakukan sejak 2007 yang merupakan program CSR. Targetnya memang Bank Mandiri melihat generasi muda, generasi yang masih mahasiswa,  yang harus dikenalkan tentang kewirausahaan," kata Vice President CSR Department PT Bank Mandiri Diwangkoro Ratam.

Menurut dia, WMM merupakan bukti konsistensi Bank Mandiri dalam mendukung lahirnya para wirausaha muda kreatif, inovatif, serta berkontribusi dalam perekonomian Indonesia. 

Menurut Diwangkoro Ratam, Wirausaha Muda Mandiri telah berhasil mewadahi para  pelaku usaha usia muda di Tanah Air. Ada lebih dari 50.000 wirausaha muda dari seluruh Indonesia telah menjadi bagian dari kompetisi ini, baik sebagai juara, finalis, maupun peserta. 

Salah satu alumni WMM 2018, Malinda Amalia, mengatakan bahwa dia mendapatkan banyak manfaat setelah mengikuti ajang ini. 

"Wirausaha Muda Mandiri merupakan salah satu program kompetisi yang sangat mendukung para Wirausaha Muda Lokal Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya. Setelah mengikuti WMM, banyak sekali manfaat yang usaha kami dapatkan selain relasi, yaitu bagi pemenang WMM juga berkesempatan mengikuti Business Bootcamp dan mentoring bersama mentor-mentor profesional di bidangnya," kata pemilik usaha Linean ini.

Florentia Jeanne, Alumni WMM  2017 mengatakan, dengan mengikuti Wirausaha Muda Mandiri banyak hal yang didapatkan, seperti mendapatkan pelajaran  dari pengusaha amatir, hingga menjadi pengusaha profesional. 

"Terima kasih banyak Bank Mandiri telah menjadi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa bagi banyak Pengusaha Muda Indonesia," kata pemilik usaha Noonaku Signature ini.

Kategori Business Existing 
Ajang kompetisi bergengsi ini terbuka para entrepreneur muda yang telah memiliki business existing dengan omzet Rp500 juta per tahun dan telah beroperasi selama 4 tahun. 

Adapun kategori WMM 2022, yakni Kategori Boga (makanan dan minuman dine in, minuman kemasan, makanan dan camilan kemasan, Kreatif (fesyen label, entertainment, kesenian dan kebudayaan), Teknologi (digital apps, inovasi teknologi), Sosial (sosial lingkungan, jasa sosial).

Biar gak ketinggalan perhelatan WMM 2022, kamu bisa melengkapi persyaratan umum Business Existing, di antaranya:

- Dapat diikuti oleh para pemilik usaha yang merupakan Warga Negara Indonesia Berusia 18 - 35 tahun (per-27 September 2022).
- Merupakan pemilik / founder / co-founder dari usaha yang didaftarkan dan bukan merupakan reseller.
- Usaha yang didaftarkan bukan merupakan anggota sebuah produk franchise.
- Usaha yang didaftarkan minimal telah berjalan selama 4 tahun.
- Kantor pusat usaha yang didaftarkan berada wilayah Republik Indonesia.
- Usaha yang didaftarkan sedang tidak mengikuti kompetisi serupa dengan WMM.
- Bersedia untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan penjurian.
- Memiliki rekening Bank Mandiri dan sudah aktif menggunakan Livin' by Mandiri.
- Pemilik usaha tidak pernah terjerat kasus hukum, baik Pidana maupun Perdata.
- Alumni program Wirausaha Muda Mandiri di tahun-tahun sebelumnya juga dapat mendaftar kembali selagi masih memenuhi seluruh persyaratan.
- Minimal omzet Rp500.000.000/tahun

Diwangkoro menambahkan, ketika mereka menjadi wirausaha muda,  mereka bukan hanya menjadi pencari lapangan kerja, tapi juga menciptakan lapangan kerja. Itu mindset yang akan kita rubah melalui WMM.  

Ajang WMM 2022, lanjut Diwangkoro, sangat spesial, karena seluruh peserta akan diuji oleh  kegiatan yang dikemas dalam tayangan menghibur dalam format Digital Series. Nantinya, masyarakat pun dapat merasakan langsung dan belajar bersama melalui platform digital YouTube. 

"Kenapa kita tidak tayangkan di televisi, karena kebanyakan anak muda mungkin jarang nonton televisi.  Yang dilihat malah YouTube atau Instagram, atau sosmed yang lain. Jadi untuk tahun ini memang kita kerja sama dengan MNC juga, namun memang dalam bentuknya adalah video series dan juga expo. Inilah yang sangat berbeda dari tahun sebelumnya," timpalnya.

Sedangkan untuk persyaratan umum Side Competition, yakni Santripreneur yang merupakan santri Indonesia baik individu maupun kelompok, yang memiliki ide bisnis. Kemudian Business Plan, yakni WNI pemilik usaha berusia 18 - 35 tahun, pemilik usaha dan bukan reseller dan anggota produk franchise.

Side Competition Santripreneur,  Kategori Baru WMM 2022

Wirausaha Muda Mandiri 2022 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebagai rangkaian dari pre-event kompetisi, anak muda yang sedang merancang model bisnis usahanya juga dapat mendaftarkan diri dalam kategori business plan. Ide bisnis yang cemerlang juga berpeluang untuk memperoleh hadiah dengan total mencapai Rp500 juta. 

Wirausaha Muda Mandiri 2022 juga menyelenggarakan Side Competition yakni Santripreneur dan Business Plan. Berbeda dengan Business Plan yang telah dijalankan pada WMM tahun sebelumnya, Santripreneur merupakan kompetisi baru yang pertama kali digelar pada WMM 2022 ini.

Kompetisi Santripreneur ini terbuka bagi para santri di Indonesia yang mempunyai ide bisnis untuk dikembangkan baik secara individu maupun kelompok. Para pemenang kompetisi Santriprenenur dan Business Plan masing-masing akan meraih total hadian ratusan juta rupiah.

Yang jelas baik para kategori Business Existing maupun Side Competition: Santripreneur dan Business Plan terbuka untuk para wirausahawan muda maupun yang baru akan merencanakan bisnis. Dengan catatan, sedang tidak mengikuti kompetisi serupa, bersedia mengikuti seluruh rangkaian kegiatan penjurian, memiliki rekening Bank Mandiri dan menggunakan Livin' by Mandiri, hingga tidak pernah terjerat kasus hukum.

WMM 2022 Bukan Sekedar Kompeitisi
Seluruh peserta WMM 2022 nantinya akan mendapatkan pengalaman dan pembelajaran baru mengenai cara mengelola dan memaksimalkan potensi bisnis. Sekaligus memperebutkan posisi pemenang dengan total hadiah mencapai Rp2 miliar. 

“Tidak hanya sekedar kompetisi, peserta Wirausaha Muda Mandiri 2022 akan mendapatkan banyak ilmu baru. Sekaligus meningkatkan kapasitas dan kemampuan sebagai pebisnis yang tangguh mulai dari meningkatkan kemampuan branding, komunikasi, hingga strategi marketing lainnya,” kata Diwangkoro.

WMM kali ini juga kembali menghadirkan "Festival Expo WMM" yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19. Dalam Expo kali ini Bank Mandiri mengundang seluruh mitra binaan terbaik Bank Mandiri yang menjadi bagian program CSR perseroan di bidang kewirausahaan seperti WMM, Rumah BUMN, dan Kewirausahaan  Petani.

"Kita akan melaksanakan secara offline seperti WMM  2018. Jadi  nanti  akan ada expo  WMM Livin Fest, yang akan menghadirkan 50 booth dari alumni WMM yang sudah hebat-hebat Expo yang akan diadakan pada 8-10 Desember 2022 mendatang. Ada juga konser musik dan talkshow dari para alumni WMM.

Selanjutnya, seleksi kompetisi WMM bagi pengusaha muda akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal registrasi melalui akses website www.wmm.id pada 27 September - 27 Oktober 2022. Setelah itu, akan dilakukan seleksi administrasi, asesmen, validasi dan penjurian regional 2 minggu setelah pendaftaran ditutup.

Jadi, tunggu apalagi! Yuk, segera daftarkan diri kamu untuk mengikuti WMM 2022. Kamu bisa mendapatkan kesempatan  bergabung dalam komunitas Alumni WMM dan nikmati kemudahan mengakses produk, serta berbagai layanan keuangan Bank Mandiri untuk membantu pengembangan usaha kamu.   

Editor : Suriya Mohamad Said
Bagikan Artikel Ini