Logo Network
Network

Alquran Surat Ali Imran Ayat ke 159, Latin, Arti & Makna serta Tafsir

Kastolani
.
Kamis, 30 September 2021 | 11:02 WIB
Alquran Surat Ali Imran Ayat ke 159, Latin, Arti & Makna serta Tafsir
Alquran Surat Ali Imran ayat ke 159 berisi tentang rahmat Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW berupa kelembutan hati.(Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Isi kandungan Alquran Surat Ali Imran Ayat ke 159 yakni tentang rahmat Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW berupa kelembutan hati.

Nabi Muhammad SAW tidak marah dan malah bersikap lemah lembut terhadap umatnya meski telah melakukan pelanggaran seperti dalam peristiwa Perang Uhud.

Al-Hasan Al-Basri mengatakan bahwa begitulah akhlak Nabi Muhammad SAW yang diutus oleh Allah, dengan menyandang akhlak terpuji.

Surat Ali Imran (Keluarga Imran) termasuk surat Madaniyyah yakni surat yang turunnya di Kota Madinah sewaktu Nabi Muhammad SAW hijrah di kota tersebut. Surat Ali Imran berjumlah 200 ayat dan turun sesudah surat Al-Anfal. 

Berikut Alquran Surat Ali Imran ayat ke 159, Latin, Arti & Makna:

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْ ۚ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى الْاَمْرِۚ فَاِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِيْنَ - ١٥٩

Latin: Fabimaa rahmatimminallahi linta lahum walau kunta fadhdhan gholidhalqolbi lanngfadhdhuu min haulika fa'afu 'anhum wastaghfirlahum wa syaawirhum filamri. Faidzaa  'azamta fatawakkal 'alallah. Innallaha yuhibbul mutawakkiliiin.

Artinya: Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini